Tuesday, May 6, 2014

contoh laporan prakerin

LAPORAN
PRAKTIK PERBAIKAN/PEMBUATAN DVD PLAYER
PADA PERUSAHAAN ELEKTRONIK ELBASS AUDIO
JL.S PARMAN RUKO JOYOSONO NO.35
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
    


Laporan ini Di Susun Untuk Memenuhi Tugas Akhir Sekolah Dan Melengkapi Persyaratan
Mengikuti Ujian Akhir Sekolah/Nasional
Di Susun oleh :







Nama                     :  ARDIAN
NIS                        :  3118
Bidang Keahlian     : TEKNIK ELEKTRO
Program keahlian     :  AUDIO VIDEO








PENGESAHAN  DU/DI
LEMBAR  PENGESAHAN
PRAKTEK  PERBAIKAN / REPARASI  ELEKTRONIK
PADA  BENGKEL  EL  BASS  ELEKTRONIK
Jl.  S  Parman  No.35  Ruko  Joyosono  Wonosobo
        

                                                   Hari        :
                                                  Tanggal    :



       
Disetujui  Oleh :
 
Pimpinan/Kepala Bengkel/Instasi                                             pembimbing 
                                                                                           praktik kerja industri                                                     



...........................................                                                ..........................................
NIP.                                                                                     NIP.  




LEMBARAN PENGESAHAN
PADA PRAKTEK  PERBAIKAN / REPARASI  ELEKTRONIK
PADA  BENGKEL  EL  BASS  ELEKTRONIK
Jl.  S  Parman  No.35  Ruko  Joyosono  Wonosobo


Hari        :
                       Tanggal    :

Disetujui  Oleh :


Ketua                                                                          
Komp. Keahlian………………………..             Guru Pembimbing





...........................................                                             ..........................................
NIP.                                                                                 NIP.  



KATA  PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,yang telah memberikan karuniaNya sehingga penyusun laporan program keahlian teknologi dapat terselesaikan dan  tanpa  halangan  suatu  apapun.
Laporan ini di buat berdasarkan pengalaman saya dalam waktu melaksanakan praktek kerja industri.masalah-masalah yang dihadirkan dalam laporan ini juga di selesaikan dengan aplikasi materi pada waktu praktek kerja industri. Laporan ini juga saya susun sebagai salah satu syarat untuk  menempuh evaluasi belajar Tahap Akhir Tahun Ajaran 2009/2012 SMK  NEGERI 2 WONOSOBO.
Akhirnya,pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut  membantu  dalam  upaya pembuatan laporan praktek kerja industry dan kepada Bapak/Ibu Guru atas kesediaan memberikan  saran  dan kritik dalam pembuatan laporan ini.saya berharap semoga laporan ini dapat berkontribusi dalam upaya meningkatkan kompetensi peserta didik pada SMK khususnya  pada  SMK  N  2  WONOSOBO
Serta  kami  tidak  lupa  mengucapkan  banyak  terimakasih  kepada :
1. Bapak  Kepala  Sekolah  SMK  NEGERI  2  WONOSOBO.
2. Bapak  Ketua  Jurusan  SMK  NEGERI  2  WONOSOBO.
3. Bapak  Pembimbing  Praktek  SMK  NEGERI  2  WONOSOBO.
4. Bapak  Kepala  Toko  EL BASS  ELEKTRONIK
 WONOSOBO, 31 AGUSTUS 2013


                                                                                  



                                                                                           ARDIAN


DAFTAR ISI

BAB I        PENDAHULUAN

A. Latar  Belakang  Praktik  Kerja  Industri
B. Tujuan  Praktik  Kerja  Industri
C. Manfaat  Praktik  Kerja  Industri
                     BAB II        GAMBARAN UMUM OBYEK PRAKTIK KERJA INDUSTRI
A. Sejarah  Berdirinya
B. Bidang  Usaha
C. Struktur  Organisasi
BAB III    PELAKSANAAN
A. Dasar  Teori
B. Proses  perbaikan/ pembuatan (pelaksanaan)
C. Proses  Pengujian
BAB IV     PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran-saran
Lampiran-lampiran


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Praktik Kerja Industri
    Praktek kerja industri adalah kegiatan yang di lakukan oleh siswa di dunia industri agar siswa dapat mengetahui apa yang di lakukan di dunia industri, sehingga siswa dapat menerapkan teori yang telah di berikan oleh sekolah. Dan agar siswa bisa menyerap ilmu-ilmu di dunia industri yang tidak di pelajari di sekolah. Sehingga siswa mendapatkan wawasan yang luas tentang kegiatan dunia usaha/industri.
B. Tujuan Praktik Kerja Industri
    Tujuan program ini adalah agar siswa dapat mengerti kegiatan yang dilakukan oleh dunia industri, dengan program tersebut siswa akan memperoleh pengalaman dalam bekerja.
Selain itu praktek kerja industri juga bertujuan memberikan kesan paten siswa untuk mencari pengetahuan yang seluas – luasnya.


C.  Manfaat Praktik Kerja Industri
Manfaat praktek kerja industri  diantaranya sebagai berikut :
1. Siswa akan mendapat pengalaman di dunia perindustrian sehingga dapat
Menjadi bekal untuk mencari pekerjaan setelah lulus sekolah.
2. Siswa dapat menerapkan teori dari sekolah untuk di terapkan di dalam prakerink.
3. Siswa bisa memperoleh pengalaman tentang jalannya di dunia usaha yang di tempatinya.
Dengan demikian manfaat prakerin kerja bagi siswa agar siswa dapat mengerti dan memahami bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan di dunia industri praktek di sekolah.






BAB II
GAMBARAN UMUM OBYEK PRAKTEK KERJA INDUSTRI
A. Sejarah Berdirinya
Pada tahun 1980 berdirilah suatu industri yang menawarkan jasa service yang di namakan EL BASS. Mengapa bias di namakan EL BASS  ?
EL BASS merupakan singkatan dari nama pendiri sekaligus pemilik industry di bidang pereparasian,dimana nama tersebut adalah ELECTRONIC BASMALLAH.EL BASS beralamatkan di JL. S. Parman No. 15 - Wonosobo .EL BASS tidak juga hanya memberikan jasa pada tempat industry saja,biasanya EL BASS juga melakukan jasa service keliling ke seluruh kota WONOSOBO dan sekitarnya.
    Pada awalnya,pada tahun 80’an EL BASS  belum mempunyai nama di mata public dan belum terkenal,kemudian dengan beriringnya perkembangan zaman pada tahun 90’an EL BASS mengajukan suatu proposal kepada Autorize resmi SHARP,supaya menjadi suatu bengkel atau tempat perbaikan yang resmi (Service resmi).Ternyata dalam pengajuan proposal tersebut berhasil,begitu juga Autorize resmi yang lainnya seperti SANYO,PANASONIC,dan yang paling baru adalah TOSHIBA.EL BASS ini juga merupakan industry perbaikan elektronika yang paling terpercaya oleh warga WONOSOBO dan sekitarnya,karena satu-satunya perbaikan yang resmi.
Demikian sejarah EL BASS yang saya ketahui atas dasar dari hasil wawancara dengan salah satu tekhnisi dari EL BASS.


B. Bidang Usaha
EL BASS adalah bagian usaha yang bertujuan untuk membantu masyarakat/konsumen barang-barang elektronik yang mengalami masalah dalam barang-barang elektronik yang dimilikinya.Langkah yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah , dengan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya/ konsumennya.Mempunyai peralatan yang baik,bersih,dan juga mempunyai suku cadang dari Autorize resmi.
C. Struktur Organisasi



















BAB III
PELAKSANAAN
A. Dasar Teori
Sebuah pesawat pengering rambut mempunyai tiga bagian utama: sebuah motor, elemen pemanas, dan kipas. Ketika pesawat berputar, elemen pemanas membawa panas dan kipas menghembuskan aliran udara panas dari elemen keluar melalui terali. Sakelar yang mengoperasikan pesawat mempunyai satu atau lebih kedudukan. Beberapa pengering rambut memiliki beberapa sakelar, satu pengontrol motor dan satu atau dua pengontrol elemen pemanas. Banyak pengering rambut ditempatkan  dalam sebuah segel rumah plastik; rumah ini tidak dapat dibongkar untuk diperbaiki. Perkirakan biaya perbaikan sebelum ditetapkan perbaikan-perbaikan; seberapa banyak biaya yang diperlukan untuk mengganti pesawat dengan yang baru jika dibandingkan dengan memperbaikinya.
Perhatian: Sebelum mengerjakan beberapa pekerjaan pada pengering rambut, yakinkan bahwa steker pesawat sudah terlepas.
B. Proses Perbaikan  (Pelaksanaan)
Pertama : Lakukanlah Pembersihan dan Pelumasan
Komponen dalam pada pengering rambut mengumpulkan banyak kotoran; saat pesawat berputar, debu dan rambut terisap masuk aliran udara masuk. Bongkarlah rumah dan bagian-bagian komponen secara periodik, dan cek terminal-terminal di dalam unit. Jika terminal terbakar, kotor, atau terkorosi, bersihkan dengan wool baja (steel wool) yang baik dan kain lunak. Keluarkan rambut dan kotoran dari semua bagian. Bersihkan poros motor dan bantalan kipas yang berputar, dan lumasi bagian ini dengan minyak  yang bersih.
Ketika  membersihkan pesawat, cek sakelar ON/OFF dan, jika pesawat memilikinya, sakelar pengontrol elemen pemanas. Bersihkan dan kencangkan terminal sakelar. Jika sakelar tersumbat kotoran, lepaskan sambungan ujung kawat padanya dan keluarkan kotoran dari sakelar. Semprot terminal sakelar dengan pembersih kontak listrik. Kembalikan sakelar seperti semula dan seterusnya beberapa saat masukkan cleaner pada bagian yang bergerak, dan sapulah dengan kain lembut untuk membersihkannya,kemudian pasang kembali.
Selanjutnya: periksa keadaan pesawat pada bagian elemen pemanas,sakelar,kipas,dan motor pesawat.
1. Elemen Pemanas. Beberapa pengering rambut mempunyai  sebuah elemen pemanas; beberapa mempunyai 2 elemen. Jika pesawat mati saat digunakan, dan pengaman beban lebih tidak rusak, permasalahan biasanya terjadi kerusakan pada elemen pemanasnya. Buka pesawat dan ujilah elemen. Jika elemen rusak, longgar, atau menggantung, itu harus diganti. Gantilah dengan elemen baru yang sejenis. Lepaskan sekrup yang memegang elemen lama, putuskan hubungan kelistrikannya, dan keluarkan elemen lama. Jika elemen lama tidak dapat dibongkar dari tempatnya, bawalah pesawat ke servis profesional, atau, jika pesawat tidak mahal, ganti saja dengan yang baru.
2. Sakelar. Banyak pengering rambut mempunyai sakelar ON/OFF yang mengontrol motor dan satu atau dua sakelar tambahan. jika ada 2 elemen pemanas, mungkin ada 2 sakelar yang mengatur kedudukan pada elemen pemanas. Sakelar-sakelar ini biasanya disambungkan seri, jika motor tidak berputar sebab sakelar ON/OFF tidak bekerja, elemen tidak akan panas. Jika motor berputar tetapi tidak ada panas yang keluar, sakelar pengontrol elemen pemanas mungkin rusak. Jika elemen di antara kedua elemen pesawat tidak juga panas, cek pengaman beban lebih sebelum pengetesan sakelar elemen.Sakelar sering tidak berfungsi sebab kotor. Jika motor tidak berputar atau elemen tidak panas, bersihkan sakelar dengan pembersih kontak, seperti diuraikan di atas. Jika permasalahan ini tidak terpecahkan, dan jika elemen pemanas dan motor tidak tidak rusak, tes sakelar dengan AVO meter. set pada skala Rx1, meter harus terbaca nol. Jika sakelar rusak, ganti dengan yang baru yang sejenis. Sambungkan sakelar baru dengan cara yang sama seperti pada sambungan yang lama.
3. Kipas. Jika pengering rambut tidak dapat menghembuskan udara panas secara total, atau jika ia tidak dapat menghasilkan udara panas dalam jumlah yang cukup, kipas mungkin terikat sebab kotor atau lilitan rambut yang melingkar pada sudut-sudut kipas. Bongkarlah pesawat  dan bersihkan poros motor dan bantalan putaran kipas. Lumasilah bagian-bagian ini dengan minyak  yang bersih. Putar kipas dengan tangan untuk mengujinya. Jika kipas belum dapat berputar dengan mudah, gantilah kipas dengan yang baru yang sejenis. Keluarkan kipas yang lama dengan melepas bantalan dan pulir kipas pada poros motor. Tempatkan kipas yang baru pada poros motor dan sambungkan dengan cara yang sama seperti pada sambungan yang lama, kemudian gantilah bantalanyang baru.Jika kipas tidak terikat, tes lah sudut-sudut pada kipas, sudut-sudut terbuat dari logam atau dari plastik. Sudut-sudut kipas logam dapat bengkok, lekukkan dengan baik sehingga dapat kembali seperti semula dengan tang. Jika sudut-sudut ada yang bengkok, gantilah kipas seperti diuraikan di atas. Sudut-sudut kipas plastik mungkin pecah atau hancur. jika rusak, gantilah kipas dengan yang baru yang sejenis.
4. Motor. Jika motor tidak berputar, bongkar pesawat dan putar poros motor dengan tangan. Jika terlalu keras untuk berputar, lumasilah motor dengan minyak yang bersih.Putar poros lagi hingga berputar dengan bebas. Kadang-kadang pesawat akan berputar secara normal dan kemudian dengan tiba-tiba mulai menghembuskan udara dingin. ini disebabkan oleh putaran motor yang lambat. Debu dan rambut yang  terbawa oleh aliran udara masuk pesawat dapat terus masuk bantalan motor, memperlambat putaran motor dan menyebabkan panas lebih dan berhenti. Keluarkan kipas dan bantalan,dan bersihkan kipas, bantalan, dan poros motor. Kemudian rakit kembali bagian-bagian tersebut.
C. Proses Pengujian
Tidak disangka panas pada pesawat malah menjadi terlalu berlebihan.Karena panas yang dihasilkan oleh elemen sangat tinggi, pesawat mempunyai pengaman beban lebih, yang akan mematikan putaran elemen pemanas saat panas yang dihasilkan terlalu tinggi. Jika pesawat berhenti berputar saat digunakan, putuskan sambungan pesawat ke sumber daya dan biarkan pesawat sampai dingin selama 30 menit atau lebih,kemudian cek lagi. Jika pesawat bekerja, permasalahan adalah panas lebih yang sederhana,pengaman panas beban lebih telah memutuskannya dan begitu pesawat dingin, maka akan mereset sendiri. Jika pesawat tidak bekerja setelah pendinginan selama 30 menit, pengaman beban lebih dalam banyak hal adalah thermostat thermodisc (keping-panas) biasanya ditempatkan pada rumah elemen pemanas. Carilah bagian yang lekuk dan cembung pada bimetal dengan diameter sekitar 1 inci.Untuk menentukan lagi pengaman beban lebih yang rusak, tes dengan AVO meter, set pada skala Rx1; meter akan menunjuk pada nol . Jika pengaman beban lebih rusak, gantilah dengan yang baru yang sejenis. Keluarkan yang lama, dan sambungkan pengaman yang baru dengan cara yang sama seperti sambungan yang lama.
Permasalahan
Kemungkinan Penyebab
Pemecahan
Pesawat tidak berputar
1. Tidak ada daya
2. Kerusakan kabel power
3. Sakelar ON/OFF kotor
4. Sakelar ON/OFF rusak
5. Sakelar elemen kotor
6. Sakelar elemen rusak
7. Motor rusak
1. Cek kabel power, steker.Cek pengaman lebur pada panel utama, perbaiki rangkaian.
2. Tes kabel,jika rusak ganti
3. Bersihkan sakelar ON/OFF
4. Tes sakelar ON/OFF; jika rusak ganti
5. Bersihkan sakelar elemen
6. Tes sakelar elemen,jika rusak ganti
7. beli pesawat yang baru saja.
Pesawat bertegangan
1. Kabel power rusak
2. Sistem kelistrikan  terjadi hubungan singkat.
1. Tes kabel, jika rusak ganti
2. periksa bagian yang korsleting.jika ada yang rusak ganti
Pesawat panas tetapi kipas tidak berputar
1. Kipas kotor,kipas perlu pelumasan
2. Poros motor perlu dilumasi
3. Motor rusak
1. Bersihkan dan lumasi kipas
2. Lumasi poros motor dan bantalannya
3.beli pesawat yang baru saja.
Kipas berputar tetapi pesawat tidak panas
1. Sakelar elemen kotor
2. Sakelar elemen rusak
3. Sakelar ON/OFF kotor
4. Sakelar ON/OFF rusak
5. Pengaman beban lebih rusak
6. Elemen pemanas rusak
1. Bersihkan sakelar elemen2. Tes sakelar elemen, jika rusak ganti
3.Bersihkan sakelar ON/OFF
4. Tes sakelar ON/OFF; jika rusak ganti
5. Tes pengaman  beban  lebih, jika   rusak ganti
6. Ganti elemen  pemanas, atau ganti pesawat yang baru saja.
Setelah selesai,terkadang pesawat mengalami gangguan lagi.berikut ini merupakan gangguan yang mungkin terjadi lagi setelah di reparasi dan telah tersebutkan bagaimana cara memperbaikinya:













PROSES PERBAIKAN DVD PLAYER
Segala jenis kerusakan pada suatu perangkat elektronik bisa saja terjadi termasuk juga pada sebuah perangkat elektronik rumah tangga dan salah satu di antaranya adalah DVD PLAYER.


Sekarang ini memang begitu banyak merk-merk keluaran terbaru seperti mek & produk china yang akhir-akhir ini mampu mendobrak pasaran elektronika di segala penjuru.Mulai dari handphone,televisi,dan tak luput juga untuk perangkat elektronik DVD PLAYER.


Memang kapan kerusakan-kerusakan tersebut terjadi tidaklah bisa kita prediksi namun kita bisa memprediksi di mana letak kerusakan tersebut dengan gejala-gejala kerusakannya yang terjadi pada peragkat elektronik tersebut.


Berikut ini macam-macam serta letak kerusakan yang sering terjadi pada DVD PLAYER juga langkah-langkah yang sebaiknya di lakukan dalam memperbaiki DVD PLAYER.
1. DVD PLAYER MATI TOTAL / MATOT :
· Periksa bagian power supply mulai dari kabel listrik / kabel AC,sekring kebanyakan kerusakan terjadi pada komponennya antara lain elco,dioda,transistor cek pakai avo meter.ganti transistor S8550 / S8050



2. DVD PLAYER TIDAK ADA SUARA :
· Periksa kabel jack RCA AUDIO pasitkan dalam kondisi bagus
· kerusakan mungkin terjadi pada IC AUDIO dengan no seri 4558 bisa juga kerusakan pada transistor SMD
3. DVD PLAYER TIDAK ADA GAMBAR :
· Kerusakan seperti ini sering terjadi pada IC VIDEO di MPEG atau periksa juga jalurnya mungkin ada yang putus.
4. DVD PLAYER TIDAK MAU OPEN / CLOSE :
· Periksa bagian mekanik terutama motor dan karet motor
· Periksa tombol open / close
5. DVD PLAYER NO DISC :
· Periksa OPTIK / lensa bila cahaya yang di pancarkan terlalu redup maka OPTIK tersebut rusak ganti saja dengan yang baru apabila mengganti yang OPTIK yang baru di beli biasanya ada jumperan solder yang harus di putus agar OPTIK bisa di pakai.
· Periksa kabel OPTIK ke MPEG ganti saja dengan yang baru.
· Periksa motor penggerak / pemutar disc bila putarannya telalu lambat motor tersebut sudah rusak dan harus di ganti.


penutup
A. Saran
1. Saran untuk sekolah
Untuk meningkatkan kegiatan prakerin para siswa harus di didik terlebih dahulu
agar siswa dalam terjun kedunia industri tidak merasa kaget. Untuk melaksanakan praktek di sekolah para siswa harus di beri pengarahan terlebih dahulu sebelum melaksanakan prakerin juga menyediakan bahan seoptimal mungkin.
2. Saran untuk perusahaan
Untuk mengerjakan suatu pekerjaan hendaknya teliti mengenai alat maupun bahan karena TOKO ELBASS ELEKTRONIK merupakan bengkel elektro yang bagus dan terpercaya di WONOSOBO.




LAMPIRAN
   

No comments:

Post a Comment